Jumat, 18 April 2014

Sudah pernah dengar tentang meja masa depan ?

Meja Sentuh Canggih Berteknologi "Surface" SAMSUNG SUR40

Film fiksi ilmiah sering menampilkan komputer dalam bentuk imajinatif, seperti meja yang ternyata dapat dioperasikan sebagai komputer. Tampaknya hal tersebut masih di awang-awang. Ternyata salah satu imajinasi yang terlihat agak mustahil tersebut sebenarnya telah terwujud lewat produk Microsoft Surface yang diperkenalkan pada tahun 2007.
Microsoft Surface sendiri adalah sebuah layar LCD yang diletakkan seperti meja dan telah memuat semua fungsi komputer. Berkat dukungan multitouch, Anda dapat mengoperasikan komputer dengan menggunakan gerakan tangan atau meletakkan obyek lain di atas permukaannya. Cara penggunaan ini dapat memberikan pengalaman interaksi yang lebih intuitif antara pengguna dengan computer.

Samsung SUR40 adalah sebuah meja layar sentuh yang menggunakan teknologi Microsoft Surface di dalamnya. Sudah lama kita tidak mendengar tentang Microsoft Surface tetapi kali ini berkat kerjasama dengan Samsung, Microsoft memperlihatkan meja layar sentuh yang sangat diimpikan bagi siapapun itu.
Layarnya menggunakan layar LCD berukuran 40 inch (1920×1080) yang memiliki resolusi Full-HD dan telah dilapisi Gorilla Glass untuk ketahanan ekstra dan teknologi yang ada bisa mengenali 50 jari sekaligus di saat bersamaan (disebut PixelSense). PixelSense, sebuah teknologi yang menjadikan panel ini dapat “melihat” dan merespon terhadap sentuhan dan mengenali objek benda. Rahasia PixelSense terletak pada tiap piksel pada panel di layar. Berbeda dengan layar LCD biasa, tiap piksel pada Samsung SUR40 memiliki sebuah kamera yang fungsinya untuk mengenali objek sehingga dapat berinteraksi dengan pengguna. Dengan dukungan teknologi PixelSense dan Microsoft Surface 2.0, Samsung SUR40 dapat melihat dan merespon berbagai instruksi yang dilakukan tangan Anda. Selain dapat mengenali jari dan tangan, komputer berbentuk meja ini juga bisa mendeteksi benda-benda lain yang diletakkan di atas layarnya dan mendukung sampai 50 titik sentuhan dalam waktu bersamaan.
Untuk menyajikan performa yang mumpuni, telah disematkan prosesor dual core AMD Athlon II X2 2.9GHz yang ditunjang dengan kartu grafis AMD Radeon HD 6700M Series GPU yang mendukung DirectX 11. Samsung SUR40 juga telah dilengkapi dengan speaker terintegrasi untuk kebutuhan multimedia. Urusan konektivitas, rasanya cukup lengkap dengan adanya koneksi Wi-Fi, Bluetooth dan koneksi Ethernet.

Rencananya Samsung SUR40 ini akan dijual di tahun ini di 23 negara tetapi sayangnya Indonesia tidak termasuk di dalamnya. Sedangkan untuk harganya akan dijual di kisaran US$ 7.600 (sekitar Rp. 75 jutaan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar