Rabu, 09 April 2014

UTS bersinar


“SEJARAH KAMPUS ELANG UTS”
Berawal dari pendirian Sekolah Tinggi Teknologi Sumbawa (ST3S) pada tanggal 21 Mei 2012, yang menjadi sekolah tinggi teknik pertama di pulau sumbawa.  ST3S yang berada di bawah naungan Yayasan Dea Mas, memiliki  4 program studi yakni program studi teknik metalurgi, program studi teknik mesin, program studi teknik informatika dan program studi teknobiologi.  Pendirian ST3S dilatarbelakangi oleh besarnya potensi sumberdaya alam kabupaten sumbawa berupa sumberdaya mineral, pertanian, perkebunan dan perikanan, sementara ketersediaan tenaga profesional di bidang keteknikan sangat minim. Untuk itulah ST3S membuka program studi yang relatif  langka di propinsi NTB maupun di kawasan indonesia Timur.
VISI
Menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan generasi yang mempunyai kemampuan teknologi untuk kemudian mampu mendistribusikan harapan pada masyarakat. Generasi yang cerdas, mandiri dan berkepribadian.
MISI
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan program pendidikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang berkepribadian.
  • Menyelenggarakan penelitian terapan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang keteknikan, keuangan dan humaniora.
  • Menyelenggarakan pembinaan dan kerja sama sivitas akademika demi terwujudnya suasana lingkungan pendidikan yang kondusif, inovatif dan   berdaya guna.
  • Meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi, perusahaan, lembaga lain di dalam dan di luar negeri untuk mengembangkan kinerja institusi dan lapangan kerja


zulkieflimansyah
Rektor UTS : Dr. Zulkieflimansyah, SE, M.Sc.
Biasa disapa dengan sebutan Bang Zul, lahir di Sumbawa Besar, 18 Mei 1972. Gelar Sarjana Ekonomi di perolehnya tahun 1995 dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) tempat dimana ia mengajar di program S1, S2 dan S3 sampai sekarang. Postgraduate programme-nya ditamatkan di Strathlyde Business School, University of Strathclyde di United Kingdom (UK).
Pada tahun 1997 memperoleh gelar MSc in International marketing dari Department of Marketing. Tahun 1998 mengikuti program Master kembali dalam bidang Industrialization, Trade and Economic Policy di Department of Economics dan selanjutnya menyelesaikan program Doktoralnya di Departemen yang sama pada tahun 2001.
 “KUNJUNGAN PROFESOR JEPANG KE KAMPUS ELANG UTS”
Mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) di Desa Batu Alang, Kecamatan Moyo Hulu, Sumbawa, NTB., akan menerima mata kuliah umum tentang bioteknologi. Kuliah umum tersebut secara langsung akan disampaikan oleh Tomohiko Yamazaki,PhD., seorang peneliti utama pada National Institute for Materials Sciences www.nims.go.jp.Tsukuba, Jepang.

Wakil Rektor III UTS, Mujiburrahman, ST., mengatakan, para mahasiswa akan mendapatkan materi perkuliahan selama dua hari, Kamis (12/09/2013) hingga Jum’at (13/09/2013). Dengan 12 materi berbeda di setiap pertemuannya. Diantaranya, Biotecnology, Scope and Importance. Genes: Nature, Concept and Synthesis. Tools of Genetic Engineering-1, Basic Requerements. Tools Of Genetic Engineering for Human Welfare. Genomics and Protemics. Bioinformatics. Animal Cell, tissue and organ culture. Manipulation of reproduction and transgenic animal. Biotechnology and biosafety, Intellectual Propery Right (IPR) and Protection (IPP).

Mujib menambahkan, berdasarkan hasil survey yang pihaknya lakukan di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat diketahui dari sebanyak 235 responden yang terdiri dari para dosen, 80 persen mengaku mengetahui produk hasil bioteknologi yang tersebar di pasaran.
“Diantara produk bioteknologi yaitu Insulin, alat pengukur gula darah dan alat pengecek kehamilan,” ujar Mujib.
Oleh karena itu tambah Mujib, bioteknologi bukanlah hal yang asing sebenarnya untuk masyarakat Sumbawa. Aplikasi bioteknologi dalam kesehatan memang termasuk yang menonjol dikembangkan. Diabetes mellitus atau kencing manis adalah penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia (nomor 4 terbesar di Dunia).
Aplikasi bioteknologi dalam diabetes termasuk yang pertama pula dikembangkan.
Topik dalam kuliah Seminar ini jelasnya, adalah pembahasan tentang perkembangan bioteknologi terkini pada diabetes dan penyakit satu lagi yang mulai banyak juga diderita masyarakat kita yaitu alergi. Pembahasan dilakukan mulai dari pencegahannya dengan vaksin, sampai kepada pengobatannya dan diagnosanya. (Hms UTS)

“IZIN DIKTI KAMPUS ELANG UTS”
Universitas Teknologi Sumbawa secara resmi disahkan sejak dikeluarkannya izin dari Dirjen DIKTI pada tanggal 14 Maret 2013, melalui Surat Keputusan no. 65/E/O/2013. SK diserahkan secara resmi oleh Dirjen DIKTI, Prof. Djoko Santoso kepada Ketua Yayasan DEA MAS, Mujiburrahman, S.T. pada tanggal 18 Maret 2013.



1.    Wakil Presiden RI dan rombongan
2.    Ketua DPR RI dalam mengisi materi di kegiatan ospek mahasiswa
3.    Direktur PT. Newmont
4.    Direktur utama PT. Pertamina













Tidak ada komentar:

Posting Komentar