Selasa, 13 Mei 2014

Artikel_Edubuntu, Sistem Operasi Untuk Pendidikan



Edubuntu, Sistem Operasi untuk Pendidikan

Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi dapat diibaratkan sebuah jembatan yang menghubungkan antara brainware, software aplikasi dan hardware agar dapat saling berkomunikasi. Kehadiran Sistem Operasi sudah lama dimanfaatkan oleh negara-negara maju. Misalnya, di negara seperti Inggris, Amerika, dan Jepang, pemanfaatan Sistem Operasi digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah melalui pemanfaatan komputer dengan didukung teknologi internet. Indonesia tidak mau ketinggalan dengan negara-negara maju. Sekarang ini, komputer sudah mulai diperkenalkan di sekolah. Mulai dari pendidikan prasekolah (playgroup) sampai Universitas.
Saat ini, Komputer bukan saja dimanfaatkan dalam dunia usaha dan hiburan, dalam dunia pendidikan pun komputer dapat dijadikan sebagai alat bantu memudahkan belajar. Kini terdapat berbagai perangkat lunak yang dikembangkan untuk dunia edukasi, salah satunya Edubuntu. Sistem Operasi turunan Ubuntu ini ditujukan untuk dunia pendidikan, tersedia mulai dari prasekolah (preschool) sampai dengan tingkat Universitas. Selain itu, Edubuntu ditujukan untuk siswa, guru dan orangtua untuk proses belajar, dan juga untuk pecinta perangkat lunak pendidikan.

Sistem Operasi Edubuntu dibedakan dalam beberapa tingkatan pendidikan
Edubuntu menyediakan perangkat lunak / aplikasi komputer sesuai dengan jenjang pendidikan dan usia. Berikut daftar aplikasi yang ada di Edubuntu:
  • Tingkat Prasekolah. Rangkaian aplikasi Edubuntu untuk tingkat prasekolah, aplikasi di dalamnya cocok digunakan oleh anak usia di bawah lima tahun (BALITA). Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain KAnagram dan KHangMan permainan kata yang diacak, GCompris yang menyediakan berbagai koleksi-koleksi permainan edukasi, TuxPaint sebagai aplikasi melukis dan lain sebagainya.
  • Tingkat Primer. Rangkain aplikasi Edubuntu untuk usia antara 6 – 12 tahun. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain KTouch untuk belajar mengetik, KStars sebagai aplikasi planetarium, Kig sebagai aplikasi Geometrik, dan lain sebagainya.
  • Tingkat Sekunder. Rangkain aplikasi Edubuntu untuk usia antara 13 – 18 tahun. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain Step untuk simulasi fisika, QCad sebagai aplikasi CAD 2 dimensi, KAlgebra sebagai aplikasi kalkulator grafik aljabar, dan lain sebagainya.
  • Tingkat Tersier. Rangkain aplikasi Edubuntu untuk tingkat Universitas. Aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya antara lain Kalzium sebagai aplikasi untuk Tabel Periodik dan peralatan kimia, KmPlot sebagai aplikasi plotter matematika, dan lain sebagainya.
Aplikasi-aplikasi Gratis dan Dikembangkan Terbuka
Aplikasi-aplikasi yang ada di Edubuntu dikembangkan oleh komunitas terbuka (Open Source), dapat diunduh, dipakai dan didistribusikan secara bebas tanpa harus membayar lisensi. Meskipun aplikasi-aplikasi edubuntu dapat diperoleh secara gratis (dan bebas), bukan berarti kualitas aplikasinya tidak baik, karena aplikasi-aplikasi edukasi ini dikembangkan oleh berbagai pengembang di seluruh dunia dan disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan.
Edubuntu dikembangkan oleh pengembang terbuka di seluruh dunia, terutama oleh pengembang yang menyukai perangkat lunak untuk sistem pendidikan. Kamu pun dapat terlibat dalam pengembangan aplikasi untuk pendidikan di Edubuntu. Baik dalam pengembangan perangkat lunak secara langsung, menterjemahkan ke dalam bahasa setempat (lokalisasi), atau sosialisasi penggunaannya di dunia pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar